Proses Pembuatan Batu Bata dan Kisaran Harganya

Daftar isi: [Tampil]
Ingin bangun rumah? Pastikan untuk memilih bahan atau material bangunan yang bagus dan juga berkualitas. Bicara tentang batu bata merah, siapa sih yang tidak mengetahuinya? Batu bata merah merupakan sebuah bahan bangunan yang sudah sangat populer dan sering digunakan untuk membuat tembok, pagar, dan beberapa elemen rumah lainnya.

Batu bata merah berkualitas

Banyak alasan mengapa sebagian besar orang lebih menyukai bahan bangunan yang satu ini dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya. Salah satunya yakni bata merah terbukti lebih awet, kuat, murah dan lebih mudah dicari di pasaran. Karena alasan itulah tidak heran jika banyak orang yang suka menggunakan bahan yang satu ini untuk pembangunan rumahnya.

Informasi Seputar Batu Bata Merah Beserta Harganya

Tentang Batu Bata Merah

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, batu bata atau bata merah merupakan sebuah material bangunan yang terbuat dari tanah yang dicampur dengan beberapa bahan tertentu kemudian di bakar. Perlu diketahui bahwa bahan bangunan yang satu ini sebenarnya sudah umum dijumpai di Indonesia sejak zaman dahulu. Bahkan bata merah sudah menjadi bahan yang wajib ada ketika akan membangun rumah.

Rumah yang dibangun dengan menggunakan batu bata merah memang terasa lebih nyaman dan sejuk dibandingkan dengan bahan lainnya. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik menggunakan bahan ini dalam pembuatan rumahnya.

Proses Pembuatan Bata Merah

Sebagian dari Anda mungkin sudah sedikit tahu tentang proses pembuatan batu bata merah. Batu bata merah ini dibuat dari tanah yang kemudian dicetak dengan bentuk balok persegi panjang. Setelah dibentuk, batu bata tersebut dibakar dengan menggunakan suhu tinggi sehingga hasilnya bisa kering secara sempurna. Umumnya batu bata yang kering secara sempurna memiliki warna kemerahan.
Perlu diingat bahwa tanah yang digunakan untuk membuatnya pun bukanlah sebarang tanah. Jenis tanah yang sering digunakan yakni tanah liat yang berkualitas baik. Mengapa demikian? Dengan tanah yang berkualitas baik maka batu bata merah yang dihasilkan pun juga berkualitas baik.

Harga Batu Bata Merah Berkualitas

Bagi Anda yang sekarang ini sedang berencana untuk mencari batu bata merah di toko bahan bangunan, pastikan untuk lebih berhati-hati dan waspada. Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak sekali toko bangunan yang menawarkan bata merah berkualitas. Namun meski begitu Anda harus tetap mengecek batu bata merah sebelum membelinya.

Baca juga: Daftar Harga Lengkap Batu Bata Rumahan

Pastikan bahwa batu bata tersebut benar-benar bagus dan berkualitas. Umumnya harga batu bata yang bagus dijual dengan harga mulai dari Rp 500 rupiah. Bila Anda menemukan penawaran lebih murah, jangan langsung membelinya. Pastikan cek bahwa batu bata tersebut kuat dan matang secara sempurna.

Alasan Menggunakan Batu Bata

Mudah Dicari

Alasan pertama mengapa Anda wajib menggunakan batu bata dalam pembuatan rumah yaitu karena mudah ditemukan. Seperti yang diketahui, batu bata merupakan material yang terbuat dari bahan dasar yang bisa dikatakan cukup berlimpah di permukaan bumi yakni berupa tanah dan serpihan sedimen batuan. Sehingga tidak heran jika hampir setiap toko bangunan menyedia bahan bangunan yang satu ini.

Dengan menggunakan bahan bangunan ini, Anda tidak perlu repot-repot mencarinya ke berbagai toko untuk bisa menemukannya. Semakin cepat menemukan bahan material, maka proses pembangunan rumah juga akan segera dilakukan.

Terbukti Aman dan Kuat

Alasan selanjutnya yaitu batu bata merah ini terbukti aman dan juga kuat jika dipakai untuk pembangunan rumah. Kekuatan batu bata ini memang tidak perlu di ragukan lagi karena sudah terbukti selama berabad-abad. Bahan bangunan yang satu ini pun sudah banyak digunakan oleh peradaban manusia di berbagai negara.

Saat ini, pembuatan batu bata pun sudah dilakukan secara modern. Sehingga keamanan dan kekuatan batu bata nya sudah dijamin oleh perusahaan. Namun meski begitu Anda harus tetap berhati-hati.

Perlindungan Lebih Unggul

Satu lagi kelebihan yang dimiliki oleh bata merah dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya yaitu menawarkan perlindungan lebih unggul. Berdasarkan hasil penelitian menegaskan bahwa batu bata memberikan perlindungan dalam tiga kategori utama, apa saja itu? Berikut ulasannya.
  • Perlindungan dari Api/Kebakaran
Seperti yang diketahui batu bata merupakan bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat yang sudah dipanaskan pada suhu lebih dari 1000 C. Sehingga hal tersebut membuatnya menjadi salah satu bahan bangunan yang tidak mudah terbakar saat terkena api.
  • Perlindungan dari badai
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Wind Science and Engineering Research Center di Texas Tech University menunjukkan bahwa dinding rumah yang terbuat dari batu bata tanah liat memiliki  ketahanan dapat melindungi dari badai meski dalam kecepatan yang tinggi. Sehingga tidak heran banyak di negara lain juga menggunakan bahan ini untuk rumahnya.
  • Dapat mengatur kelembapan
Selain dapat melindungi dari api dan badai, ternyata bahan bangunan dari batu bata ini juga dapat mengatur kelembapan rumah. Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli di Amerika mengatakan bahwa dinding dari batu merah yang telah dilapisi dapat mengontrol kelembapan.

Nah itulah beberapa informasi seputar batu bata merah, mulai dari proses pembuatannya, harganya hingga alasan untuk membeli batu bata. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu memilih bahan berkualitas untuk rumah Anda.

Post a Comment

0 Comments