Mengenal Puncak Gunung Bawakaraeng untuk Pendakian

Daftar isi: [Tampil]
Puncak gunung bawakaraeng merupakan salah satu potongan surga dengan ketinggian 2830 MDPL. Bawakaraeng sendiri menduduki sebagai puncak tertiggi ke lima di provinsi Sulawasi Selatan. Pesona ekstrim nan terjal yang dimiliki olehnya membuat bawakaraeng patut dicoba bagi pendaki yang menyukai medan penuh tantangan.

Puncak Gunung Bawakaraeng
Puncak Gunung Bawakaraeng

Pos-pos di Bawakaraeng

Dengan ketinggian yang mencapai 2830 mdpl, gunung Bawakaraeng mempunyai hingga 10 pos peristirahatan. Pendakian bisa dimulai dari Dusun Lembana yang merupakan titik awal pendakian. Dalam perjalanan menuju pos satu pendaki akan disuguhi jejeran kebun sayur yang tanami oleh masyarakat sebagai mata pencaharian mereka. Tidak hanya kebun sayur, pendaki juga akan melewati hutan pinus dengan udara khas pegunungan yang sudah mulai terasa. Sesampainya di pos satu pendaki dapat beristirahat, namun sayangnya disini tidak ada sumber air.

Baca juga: Pegunungan Latimojong, 7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Menuju pos dua dengan jarak tempuh sekitar 40 menit, pendaki dapat kembali beristirahat sebentar. Di pos ini pendaki dapat mengisi bekal air yang dibawa tentunya. Karena disini ada sumber air walaupun hanya berupa kali kecil. Jarak antar pos-pos berikutnya memang tidaklah jauh. Pendaki juga akan disuguhi pohon-pohon yang tumbang dan sisa kebakaran di pos lima. Pos inilah yang menjadi pos paling nyaman untuk istirahat dan makan tentunya untuk menambah energi sampai puncak karena pos ini memiliki tempat yang cukup luas.

Tempat yang selanjutnya menjadi tempat paling indah untuk bermalam adalah pos tujuh, di pos ini akan banyak tenda-tenda pendaki di sebelah sungai yang cantik tentunya dengan udara khas puncak yang semakin menusuk. Selain di pos tujuh ada pos yang menjadi target para pendaki, yaitu pos 9, disana kalian akan menemukan deretan bunga eidelwiss dimana merupakan bunga yang hanya tumbuh di daerah pegunungan saja.

Nah, kalau pendaki sudah melewati pos 10 yang merupakan pos terakhir ditandai dengan lapangan yang sangat luas itu artinya pendaki sudah hampir sampai. Jangan khawatir, disini juga ada sumber air berupa sumur kecil dengan air yang sangat bersih dan segar ya. Pendaki akan mulai disuguhi pemandangan puncak Bawakaraeng yang sangat mempesona.


Jalur turun dari puncak gunung bawakaraeng
Jalur turun atau jalur pulang dari Bawakaraeng menuju perkampungan tidak hanya melewati jalan yang digunakan pada saat berangkat. Bagi pengunjung yang masih ketagihan menguji adrenalin dapat pulang melalui jalur Ramma. Di jalur ini pendaki akan ditantang melewati tepi jurang. Untuk yang sudah terlalu lelah disarankan untuk turun melawati jalur pemberangkatan saja.

Sangat menantang bukan? Gunung bawakaraeng ini sangat cocok untuk anda pendaki yang menyukai jalur-jalur ekstrem.

Post a Comment

0 Comments