Ini 5 Makanan yang Baik Untuk Otak Anak

Daftar isi: [Tampil]
Makanan lezat seringkali menjadi penggoda yang mujarab, padahal tidak semua makanan lezat itu baik untuk otak. Bahkan ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena mampu mengurangi kualitas dan fungsi otak.

ikan salmon baik untuk anak
Ikan salmon baik untuk anak

Menjaga kesehatan otak harus dilakukan sejak dini, sebagaimana organ penting lainnya otak juga membutuhkan nutrisi untuk bisa terus menjalankan fungsinya dengan optimal.

Rekomendasi Makanan Terbaik Untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Di dunia ini, tuhan telah menciptakan banyak sekali sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Berikut ini jenis-jenis makanan yang baik untuk otak:

1. Salmon

Di lautan nelayan bisa menangkap berbagai jenis ikan berlemak termasuk salmon. Ikan ini mengandung omega-3 yakni lemak sehat yang sangat baik untuk otak kita. Di mana asam lemaknya akan membangun sel saraf baru untuk menggantikan sel yang telah rusak.

Baca juga: Brainking Plus, Suplemen otak Anak berkebutuhan Khusus

Rutin mengkonsumsi salmon dan ikan dengan kadar omega-3 tinggi lainnya diyakini mampu mengurangi gejala Alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit penghancur memori yang disebabkan oleh merosot atau matinya konseksi antar sel-sel otak.

Mereka yang jarang mengkonsumsi omega-3 sewaktu-waktu bisa mengalami depresi atau gangguan mental lainnya.

2. Alpukat

Dari family buah-buahan, buah alpukat dipilih sebagai makanan terbaik untuk otak. Kandungan antioksidan, vitamin E dan vitamin C efektif untuk mengurangi resiko penyakit Alzheimer.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan hipertensi. Semakin rendah atau normal tekanan darah seseorang otomatis akan semakin tinggi pula kesehatan otaknya.

3. Kacang Walnut

Lemak nabati sehat bisa ditemukan dari berbagai kacang-kacangan salah satunya kacang walnut ini. Secara alami, kacang walnut sangat efektif untuk meningkatkan fungsi otak dan jantung.

Dan sama seperti salmon, kacang walnut juga mengandung ALA (alpha-linolenic acid) jenis omega-3 yang mamu meningkatkan kesehatan otak.

4. Gandum

Ada tiga jenis pekerjaan yang dilakukan oleh manusia yakni pekerjaan yang berhubungan dengan otak, fisik maupun kombinasi keduanya. Saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan kinerja otak, tentunya otak akan bekerja lebih keras untuk dapat berkonsentrasi menyelesaikan masalah.

Saat itulah, otak membutuhkan makanan yang mampu meningkatkan fungsinya untuk focus yang ternyata ada pada gandum. Gandum yang dipilih sebaiknya whole wheat seperti roti gandum, oatmeal, beras merah dan sereal gandum.

5. Cokelat Hitam

Penggemar cokelat yang ingin makan banyak makanan favoritnya sekaligus meningkatkan fungsi otak dianjurkan untuk mengkonsumsi cokelat hitam. Makanan ini kaya flavonoid yang baik untuk menjaga sel-sel otak dari kerusakan.

Dari hasil penelitian para pakar dikatakan jika konsumsi cokelat hitam dengan dosis yang sesuai akan membantu menjaga mood sekaligus meningkatkan daya ingat.

Selama ini, mungkin Anda sering menghindari konsumsi lima makanan yang telah disebutkan di atas. Tapi setelah mengetahui manfaat baiknya untuk otak, cobalah untuk rutin mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Karena otak merupakan pusat sentral yang perlu dijaga kesehatannya. Bila otak sudah rusak, akan sulit untuk kembali sehat seperti semula.

Post a Comment

0 Comments