Tips berlibur ke Karimunjawa dari Semarang ala Backpacker

Daftar isi: [Tampil]
Jika anda sedang berada di kota Semarang dan ingin berlibur ke pulau Karimunjawa, namun mempunyai dana yang terbatas, anda tidak perlu khawatir. Budget tidak akan menjadi hambatan jika kita bisa berfikir kreatif, salah satunya dengan liburan ala backpacker.

Lalu gimana sih caranya? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Tips Liburan ke Karimunjawa dari Semarang ala Backpacker 

Berikut tips ala backpacker yang dapat anda terapkan agar liburan di Karimunjawa tetap menyenangkan walaupun dengan dana yang terbatas.

Menggunakan bus umum 

Dari kota Semarang, anda harus menuju ke terminal bus Terboyo, untuk kemudian naik bus umum dengan tujuan Jepara. Biaya yang dikenakan berkisar antara Rp 15.000 - Rp 20.000. Waktu yang diperlukan dari Semarang untuk sampai ke Jepara kurang lebih 2-3 jam perjalanan.

Untuk meminimalisir terlalu banyak barang bawaan, sangat disarankan agar anda hanya membawa satu ransel besar saja. Hindari membawa banyak tas jinjing, karena beresiko tertinggal di dalam bus. Selain tidak memakan banyak tempat di dalam bus, ransel juga lebih praktis dan simple.

Menggunakan kapal feri 

Setelah sampai di terminal bus Jepara, perjalanan anda akan dilanjutkan dengan menaiki becak. Dengan biaya Rp 10.000 per becak, dalam waktu 10-15 menit, anda sudah tiba di pelabuhan Kartini. Sesampainya di pelabuhan, anda harus membeli tiket untuk naik kapal feri menuju pulau Karimunjawa.

berlibur di karimunjawa dari semarang
Berlibur di karimunjawa dari semarang

Biasanya, para wisatawan yang ingin menuju ke pulau Karimunjawa akan menaiki kapal KMP Feri Siginjai, dengan waktu tempuh 4-5 jam. Berdasarkan informasi terbaru, mulai bulan Mei 2019, tarif KMP Siginjai mengalami kenaikan. Jika sebelumnya dikenakan tarif Rp 45.000 per orang, mulai tahun ini menjadi Rp 94.000 per orang.

Sedangkan jika anda ingin menaiki kapal KMC Express Bahari, harga tiket dengan tarif baru ini dimulai dari harga Rp 162.000 sampai dengan harga Rp 192.000 tergantung kelasnya. Dengan menggunakan KMC, waktu tempuh yang anda perlukan untuk sampai ke pulau Karimunjawa hanya 2 jam saja.

Kami sarankan, anda untuk mencari informasi sebelumnya, kapan kapal feri ini tiba di pelabuhan Kartini. Karena, kapal-kapal ini sudah memiliki jadwal yang pasti kapan mereka akan berangkat dan tiba. Jadi, jangan sampai anda ketinggalan kapal ya..

Memilih penginapan murah  

Sesampainya di Karimunjawa, anda tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak pilihan hotel atau homestay ala backpacker yang pastinya sangat bisa menyesuaikan dengan budget perjalanan anda.

Karena sudah menjadi objek wisata yang populer, banyak hotel atau jenis penginapan lain yang ada di Karimunjawa dapat anda booking secara online. Praktis dan tanpa ribet. Hanya dengan menggunakan aplikasi booking hotel online, semua kebutuhan penginapan anda dapat terpenuhi.

Berikut beberapa referensi hotel dan penginapan yang ada di Karimunjawa

Arriani Homestay 

Untuk menginap di homestay ini anda dikenakan biaya mulai dari Rp 75.000. Homestay ini berjarak 1,5 km dari pelabuhan Karimunjawa. Dengan budget yang minimalis tersebut anda sudah mendapatkan fasilitas kamar tidur dengan kipas angin, kamar mandi yang berada di dalam kamar, serta ruang makan bersama yang cukup luas.

Hostel The Happinezz 

Hostel dengan design dan konsep seperti di Bali ini, dapat menjadi pilihan anda selanjutnya jika anda berkunjung ke Karimunjawa. Dengan biaya Rp 120.000 an per malam, anda dapat menikmati fasilitas ruangan kamar AC, Wifi, kamar Mandi, tempat makan luas dengan saung dan gazebo yang semakin membuat anda seperti sedang berada di Bali.

Hotel Asri Karimunjawa 

Jika anda ingin merasakan sensasi menginap di atas air, hotel ini dapat menjadi pilihan anda. Hotel Asti mengusung konsep “Hotel Terapung”, dimana hotel ini dibangun di atas perairan yang tidak jauh dari pantai. Dengan biaya Rp 230.000 saja per malamnya, anda dapat merasakan bermalam dan tidur di hotel terapung ini. 

Semoga artikel ini dapat membantu memberikan berbagai referensi perjalanan yang anda butuhkan untuk liburan anda di Karimunjawa. Selamat berlibur!

Post a Comment

0 Comments