Ini Kriteria Water Heater Terbaik untuk Pemakaian Rumah Tangga

Adanya Water Heater di dalam suatu rumah tentunya sangat membantu terlebih jika saat cuaca sedang dingin. Water heater dapat menjadi penyelamat Anda agar badan menjadi tetap hangat yang tentunya juga dapat menyehatkan badan. Saat ini sudah banyak jenis water heater dengan fungsi dan desain yang semakin bervariatif.

Sebelum memilih water heater untuk pemakaian rumah tangga, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa kriteria dalam memilih jenis water heater terbaik untuk pemakaian rumah tangga.

Kriteria Water Heater untuk Rumah Tangga

  • Sesuaikan dengan Kapasitas Daya Listrik Rumah
Kriteria pertama yang perlu Anda perhatikan dalam membeli Water Heater adalah kapasitasnya. Pastikan bahwa kapasitas dari water heater yang ingin digunakan telah sesuai dengan kapasitas daya listrik yang ada di rumah sehingga water heater dapat digunakan tanpa mengganggu arus listrik lainnya.

Umumnya water heater yang memiliki kapasitas 15 hingga 30 liter dapat digunakan untuk rumah dengan kapasitas daya listrik 450 hingga 900 watt. Namun terdapat juga produk heat exchanger water heater yang menggunakan pembuangan panas dari AC untuk memanaskan air. Produk ini tentunya memiliki penggunaan yang lebih ekonomis dan juga efisien.

  • Faktor Keamanan yang Terjamin
Anda perlu memilih produk water heater yang tingkat keamanannya tinggi untuk menghindari terjadinya korsleting atau kerusakan lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri. Anda perlu memastikan bahwa water heater memiliki komponen proteksi kelistrikan, seperti ELCB, safety device, dan switch anti kontak yang terdapat di bagian luar.

  • Memperhatikan Kapasitas Air
Anda pun perlu memperhatikan daya tampung air sebuah water heater sebelum menggunakannya di rumah. Kapasitas dari air yang ada di water heater perlu menyesuaikan dengan jumlah penghuni rumah, jumlah kamar mandi, hingga penggunaan shower atau bathtub. Jika Anda menggunakan bathup, biasanya membutuhkan water heater dengan kapasitas minimal 30 liter untuk 2 orang.

  • Peletakan dan Biaya Pipa Instalasi
Anda juga perlu mengetahui letak dan biaya pemasangan pipa instalasi dari water heater agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan pembelian. Pastikan sebelum membeli water heater Anda telah mengukur panjang pipa yang dibutuhkan serta peletakan lokasi pipa tersebut.

  • Temperatur pada Water Heater
Anda perlu memperhatikan hal ini dalam melakukan pemilihan karena terdapat dua jenis water heater jika dilihat dari penggunaan temperaturnya, yaitu water heater dengan temperatur konstan atau water heater dengan temperatur yang dapat diubah. Jika Anda ingin tidak repot mengatur temperatur suhu, Anda dapat memilih jenis temperatur konstan.

Namun jika Anda ingin dapat mengatur suhu air menjadi panas atau dingin, dapat menggunakan jenis temperatur yang dapat diubah.

  • Pilih Water Heater dengan Energi Matahari
Perlu Anda ketahui terdapat beberapa jenis water heater seperti water heater yang menggunakan listrik, gas, hingga tenaga surya atau energi matahari seperti produk Solahart. Jika Anda ingin lebih menghemat biaya pengeluaran dan turut serta menjaga lingkungan, lebih baik menggunakan water heater dengan pemanas tenaga surya tersebut.

solahart water heater energi matahari
Solahart water heater energi matahari

Beberapa kriteria di atas perlu Anda perhatikan dalam memilih sebuah water heater untuk pemakaian rumah tangga. Dengan memahami beberapa kriteria tersebut Anda dapat memilih sebuah water heater terbaik dan cocok untuk rumah Anda.

Post a Comment

0 Comments