Belum Tahu? Ini Lho Perbedaan Kota Batu dan Kota Malang


Seringkali jika Anda mencari sebuah wisata yang terdapat di Malang, pasti akan diarahkan ke daerah Batu. Hal ini lah yang menjadi pertanyaan apakah Kota Batu tersebut berada di daerah Malang atau tidak. Dahulu ketika masa penjajahan, secara administratif Kota Batu merupakan salah satu Kota dari tiga Kota yang termasuk di dalam kawasan Malang Raya, selain Kota Malang dan Kabupaten Malang.

ilustrasi lokasi wisata di batu malang
ilustrasi lokasi wisata di batu malang


Namun dengan berkembangnya Kota Batu yang sangat pesat, pada tanggal 17 Oktober 2001 Kota Batu secara resmi berpisah dengan Kabupaten Malang. Dengan resminya berpisah dari kawasan Malang Raya, Kota Batu saat ini menjadi semakin maju dengan berbagai industri pariwisata yang ditawarkannya. Bahkan pada tahun 2016 jumlah wisatawan yang datang ke Kota Batu mencapai 3,9 juta orang.

Perbedaan Kota Batu dan Kota Malang

Sejarah

Pada awalnya daerah Batu adalah salah satu Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Malang. Walaupun hanya berstatus Kecamatan, daerah Batu sendiri memiliki perkembangan ekonomi yang sangat pesat dengan daerah wisatanya yang menjadi salah satu daya tarik Kota tersebut. Bahkan dapat dikatakan Batu menjadi kecamatan yang paling maju dibandingkan yang lainnya.

Perkembangan tersebut membuat Batu ditingkatkan statusnya menjadi Kota administratif yang nantinya akan disiapkan menjadi Kota otonom. Selama menjadi Kota administratif, Kota Batu berkembang semakin dilihat pada pendapatan daerah yang semakin meningkat. Hal tersebut tidak terlepas dari semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi kota tersebut.

Pada tanggal 17 Oktober 2001 Kota Batu secara resmi menjadi Kota otonom dan berpisah dengan kabupaten Malang. Hal ini membuat pembangunan wisata pada daerah tersebut menjadi jauh lebih meningkat karena jumlah wisatawan yang semakin tahun semakin meningkat.

Wisata

  • Kota Malang
Kota Malang sendiri memiliki beberapa sektor pariwisata yang dapat dinikmati, seperti wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Di Kota Malang Anda dapat menjelajahi kota-kota tua yang masih bertahan hingga saat ini. Anda dapat memanfaatkan paket wisata Malang Heritage Tour untuk menikmati sejarah Malang.

Selain itu, terdapat juga beberapa wisata kuliner seperti Bakso President dan Rawon Rempal yang wajib Anda kunjungi karena menjadi salah satu makanan yang harus dinikmati jika telah berada di Kota Malang.

  • Kota Batu
Kota Batu sendiri lebih memiliki sektor wisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga atau perusahaan untuk melakukan gathering. Fasilitas yang ada pun sudah mendukung seperti Hotel yang memadai hingga taman bermain untuk bersantai. Hawa yang sejuk dan pemandangan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Batu.

Banyak lokasi wisata yang harus dikunjungi di Kota Batu, seperti Jatim Park, Museum Angkut, Alun-alun, dan masih banyak lagi. Terdapat juga agrowisata seperti memetik apel langsung dari pohonnya yang menjadi salah satu wisata andalan Kota ini.

Walaupun sudah terpisah secara administratif, Kota Batu tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kota Malang. Terlebih, banyak wisatawan dari luar daerah yang lebih memilih melewati Kota Malang terlebih dahulu jika ingin berwisata ke Kota Batu.

Post a Comment

0 Comments