Ini Rekomendasi Kedai Cwie Mie Paling Enak di Jakarta

Bagi masyarakat Kota Malang pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas kota ini yang bernama cwie mie. Bahkan rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi masakan khas yang satu ini jika datang ke kota Malang. Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan kuliner cwie mie ini yang merupakan mie berbentuk gepeng dan tipis dengan rasanya yang lezat. “cwie” memiliki arti yaitu kecil. 

Foto cwie mie wijen
Foto cwie mie wijen

Penyajian cwie mie terlihat sederhana yaitu disajikan ke dalam mangkuk seperti penyajian mie pada umumnya namun cwie mie disajikan dengan pangsit goreng dan taburan daging ayam. Untuk menambahkan cita rasanya, cwie mie diberikan taburan daun bawang dan bawang goreng. 

Cwie mie tidak disajikan menggunakan daging suwir seperti mie-mie pada umumnya yang menyajikan mie dengan daging ayam suir melainkan daging ayam yang telah direbus hingga matang dan empuk kemudian digiling hingga halus. Setelah itu daging yang sudah halus tersebut akan ditaburkan ke atas mie untuk menambah cita rasa mie dan daging dapat berbaur sempurna dengan mie. 

Cwie mie juga dilengkapi dengan kuah yang kemudian disiram ke dalam mangkuk yang telah ditaburi daging ayam, bawang goreng, dan daun bawang. Proses pembuatan kuah cwie mie juga bisa dibilang sederhana hanya dengan tambahan beberapa bumbu dan juga kaldu ayam untuk meningkatkan cita rasanya sehingga rasanya lebih segar dan cocok dengan mienya. 

Saat ini penjual cwie mie sudah tersebar di berbagai daerah dan bukan hanya di Kota Malang saja. Maka dari itu anda bisa menemukan penjual cwie mie yang menawarkan cwie mie dengan rasa yang berbeda dan juga memiliki tambahan pelengkap yang berbeda dari cwie mie khas Malang. Ada yang menambahkan telur puyuh, jamur, hingga bakso. 

Perbedaan Cwie Mie dan Mie Ayam

Banyak yang menganggap bahwa cwie mie itu sama dengan mie ayam atau seperti bakmi. Memang bakmi identik di Malang namun keduanya merupakan makanan yang berbeda. Terdapat perbedaan antar mie ayam dan cwie mie yaitu :

Topping

Topping cwie mie menggunakan topping yang terdiri dari ayam cincang halus berwarna putih dan coklat muda yang ditaburkan ke atas mie dengan banyak serta tambahan irisan daun bawang dan bawang goreng bahkan beberapa juga menambahkannya dengan daun seledri, bakso, jamur, dan telur. Sedangkan topping mie ayam menggunakan topping daging ayam berwarna coklat yang dipotong dadu atau disuir-suir. 

Makanan pendamping

Untuk makanan pendamping, cwie mie dilengkapi dengan selada yang diletakkan di samping serta tambahan pangsit goreng agar lebih nikmat. Di dalam kuahnya juga menggunakan bakso agar lebih nikmat serta tambahan acar timun dan rawit. Sedangkan mie ayam tidak menggunakan selada dan hanya menggunakan sawi rebus.

Rasa

Sebenarnya keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak karena memiliki ciri khasnya masing-masing. Hanya saja karena topping dan makanan pendamping cwie mie lebih banyak dan jenis minyak yang digunakan lebih bervariasi maka rasanya akan cenderung lebih asin dan gurih. Sebaliknya rasa mie ayam akan terasa lebih manis dibandingkan cwie mie. 

Cwie Mie Enak di Jakarta

Cwie mie bukan hanya dapat ditemukan di Kota Malang namun juga di daerah lainnya seperti di Kota Jakarta. Jakarta memang sudah dikenal akan kulinernya yang beragam terletak di berbagai daerah wajar jika banyak yang sering mengunjungi Jakarta untuk berwisata kuliner. Anda bisa menemukan berbagai macam wisata kuliner mulai dari yang umum hingga unik termasuk cwie mie khas Malang.

Salah satu tempat untuk menikmati cwie mie enak di Jakarta yaitu di Hot Cwie Mie Malang. Apabila anda datang ke Jakarta untuk berwisata baik itu untuk mengunjungi wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, edukasi, dan lainnya, jangan lupa untuk mencicipi cwie mie yang disajikan oleh Hot Cwie Mie Malang. Hot Cwie Mie Malang terletak di Jalan Jati Padang Raya No.7, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang dulunya terletak di Jalan TB Simatupang No. 81, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

Hot Cwie Mie Malang menyediakan cwie mie yang lezat dengan rasa yang asing dan gurih, mie berwarna kuning, tekstur yang kenyal, dan cita rasa yang khas membuat banyak pelanggan selalu merasa puas dan ingin kembali lagi.

Post a Comment

0 Comments