Sosial media menjadi fenomena yang mengubah pola hidup dan kebiasaan seseorang.  Hampir semua orang saat ini menggunakan sosial media. Banyak hal yang bisa didapat dan dilakukan di sosial media namun meskipun begitu, seseorang harus tetap bisa bijak dalam memakai sosial media di kehidupan sehari-hari. 

7 Tips Bijak Menggunakan Sosial Media

Bijak dalam menggunakan media sosial sangat perlu ditanamkan pada semua orang. Dengan bijak menggunakannya maka seseorang bisa terhindar dari masalah dan emosi. Tujuh tips bijak menggunakan sosmed dari Imaji di bawah ini bisa menjadi acuan seseorang agar lebih baik lagi di dunia maya:

  1. Jangan Sembarangan Upload

Salah satu fitur sosmed adalah seseorang bisa mengupload apapun yang mereka mau baik itu foto maupun video.  Namun, jangan sampai mengupload foto atau video sembarangan, karena hal tersebut tidak benar dan bisa memancing masalah di sosial media. 

Pastikan foto, video, atau konten yang diupload tidak mengandung unsur SARA, merendahkan orang lain, atau memancing keributan. Hindari mengunggah konten yang sembarangan pastikan untuk melakukan filter atau penyaringan konten. 

  1. Pemakaian Sewajarnya 

Fenomena yang memprihatinkan adalah ketika seseorang menggunakan media secara tidak wajar. Sehari-hari hanya melihat sosmed update apapun yang ia mau. Tentu itu tidak baik sama sekali. Sosial media paling tepat digunakan saat waktu luang saja. 

Lebih tepatnya menggunakan sosial media sesuai kondisi dan kebutuhan. Boleh-boleh saja membuka sosial dalam waktu yang lama, namun jika itu diperlukan saja bukan hanya untuk hiburan. Masih banyak hiburan yang lebih seru dari media sosial yang bisa ditemui. 

  1. Privasi Adalah Segalanya

Ini adalah hal yang paling dilupakan saat menggunakan sosial media. Privasi merupakan hal penting bagi seseorang. Batasi upload konten yang berhubungan langsung dengan privasi. Jangan sampai privasi disebarkan di media sosial karena dampaknya sangat berbahaya. 

  1. Penting Menjaga Etika

Meskipun sosial media memungkinkan seseorang untuk bebas berekspresi, namun etika tetap harus dijaga. Jangan sampai menyalahi etika dan berujung pada masalah yang besar. Hindari memberikan tanggapan yang sifatnya memancing keributan atau mengandung unsur SARA. 

Bijak dalam menilai dan memberikan penilaian pada apapun yang dilihat di sosmed. Gunakan etika yang baik dan jika dirasa ada sebuah konten yang tidak baik, jangan langsung dikomentari dengan kata-kata kasar. Pasalnya, bisa jadi menyinggung orang di balik konten tersebut. 

  1. Saring Akun yang Diikuti

Siapapun bebas mengikuti siapa saja itulah kebebasan yang ditawarkan sosial media. Namun, tidak semua orang yang diikuti itu pantas atau baik untuk diikuti. Banyak oknum atau orang-orang yang menggunakan sosial media untuk sebuah kejahatan. 

Maka dari itu, melakukan filter terhadap orang-orang yang diikuti sangat penting. Lebih baik mengikuti teman dekat atau orang-orang yang sudah kredibel dalam hal tujuan dan konten.

  1. Menghargai Konten Orang Lain

Tips bijak menggunakan sosial media lainnya adalah dengan menghargai konten atau karya orang lain. 

Jika tidak setuju atau tidak suka dengan konten atau karya seseorang jangan langsung menghina atau mencaci. Lebih baik hindari ejekan atau komentar yang tidak diperlukan untuk konten seseorang.  

  1. Jaga Komunikasi

Tips terakhir adalah menjaga komunikasi dengan teman atau orang lain di sosmed. Jangan mentang-mentang di sosial media seseorang bisa berkomunikasi dengan seenaknya. Pastikan tidak menyinggung atau membuat orang lain yang diajak berkomunikasi tidak marah. 

Semakin lama sosial media bisa menjadi panggung yang tidak baik bagi penggunanya jika setiap pengguna tidak bijak. Pastikan jangan sampai membuat keributan atau melakukan hal negatif di sosial media karena dampaknya bisa sangat merugikan. 

Author

Menulis hal-hal yang bermanfaat. Menyukai topik teknologi dan mencoba berbagai hal baru.