Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  yang bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19 di tanah air. Selain dengan kebijakan yang ada pemerintah meminta pada setiap orang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan angkutan udara  agar dapat menunjukkan hasil tes swab negatif serta bukti sudah melakukan vaksinasi.

Cara Daftar Cms Peduli Lindungi
Cara Daftar Cms Peduli Lindungi

Terjadi pro dan kontra dengan kebijakan yang diterapkan. Terutama yang berkaitan dengan keamanan data yang ada pada sertifikat vaksin dimana tercantum NIK masing-masing warga. Dan dikhawatirkan dengan melakukan scan NIK maka pihak yang tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkan data yang ada. Bisa untuk kepentingan pribadi dan bisa berakibat pada kerugian bagi pemilik NIK.  

Bapak Menteri Kesehatan menyatakan bahwa saat ini data hasil pemeriksaan antigen serta sertifikat vaksin akan tersimpan dengan aman di big data milik Kementrian Kesehatan melalui aplikasi pedulilindungi maupun yang berada di website tersebut. Anda dapat melakukan dengan masuk ke link www.pedulilindungi.id/register atau https://cms.pedulilindungi.id/. Menteri Kesehatan menyatakan bahwa semua data tersimpan dengan aman di big data Kemenkes dengan nama New All Record atau NAR.  Pemerintah juga menyatakan bahwa akan menghubungkan situs terkait dengan COVID-19  demikian juga vaksinasi ke dalam program  perlindungan ini.

Tampilan Login Situs Cms Pedulilindungi
Tampilan Login Situs Cms Pedulilindungi

Selain bisa mengecek data warga yang sudah melakukan vaksinasi, fungsi penting lainnya dari aplikasi tersebut adalah dapat melihat kerumuman atau tidaknya fasilitas umum. Dalam aplikasi ini terdapat  kode tersendiri  yang bertujuan untuk membantu masyarakat saat melakukan perjalanan dan akan mengakses fasilitas publik dengan aman dan nyaman tanpa ketakutan akan penyebaran covid. Untuk itu anda dapat melakukannya dengan hanya mengetik alamat website www.pedulilindungi.id/register untuk segera mendaftar di dalam website tersebut. 

Daftar Vaksin Covid Di Pedulilindungi
Daftar Vaksin Covid Di Pedulilindungi

Cara Mudah Daftar CMS Peduli Lindungi

Khusus bagi anda yang masih belum terbiasa dengan aplikasi dimaksud berikut inilah cara mudah daftar cms Peduli lindungi:

Artikerl terkait: Situs untuk Daftar Vaksin Online

Mengunduh Aplikasi Peduli lindungi

Aplikasi Epdulilindungi Official Di Play Store
Aplikasi Epdulilindungi Official Di Play Store

Maka sistem akan meminta verifikasi dari pengguna atas kebijakan privasi dan syarat penggunaan lainnya. Kemudian  secara otomatis aplikasi akan melakukan pencarian lokasi pengguna.  Aplikasi ini memudahkan pemerintah untuk melakukan pendataan  siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran segera dapat dilakukan.

Memasukkan Data

Aplikasi ini  hanya melakukan pengumpulan data dari perangkat dan informasi dari anda untuk dapat menjalankan layanan.  Selain itu aplikasi ini juga akan menggunakan beberapa data anda demi alasan lain yang akan dijelaskan dalam kebijakan.  Data yang diminta terkait kepentingan untuk mendaftar seperti Nama, Nomor HP, lokasi dan waktu registrasi.

Tampilan Daftar Akun Baru Pedulilindungi
Tampilan Daftar Akun Baru Pedulilindungi

Nyalakan Location

Sesuai peraturan Pemerintah  bahwa fitur peduli dan lindungi akan melakukan pengolahan juga menggunakan data anda dalam rangka memberikan pelayanan Contract Tracing. Terkait data yang  telah diambil akan diolah dalam server Kemenkes.

Perlindungan Data Pengguna

Data akan disimpan dalam format dan terenskripsi. Sehingga anda tidak perlu khawatir data anda tidak akan dibagikan kepada pihak lain. Aplikasi hanya akan merekam data dalam satu telepon seluler dengan ponsel yang ada lainnya. Aplikasi ini juga tidak merekam data lokasi pengguna. Sementara terhadap nomor ponsel yang didaftarkan akan direalikasikan dengan ID random yang  ada di dalam server yang sudah pasti kemanannya. Data yang ada dalam server tidak akan diakses kecuali apabila pengguna terindikasi dalam kondisi risiko tertular virus  dan untuk itu perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Perizinan Pengguna pada perangkat

Jika pelaku usaha menggunakan perangkat Android dan “iOS”,  aplikasi akan membutuhkan izin  untuk akses lokasi pengguna. Dalam hal ini pengguna dapat melihat fitur  permission yang digunakan oleh aplikasi “Peduli Lindungi” dan menon-aktifkannya  kapanpun melalui menu Setting yang ada. Pengguna dapat melihat aktivitas dan memberikan informasi terkait paparan virus di sekitar. Aplikasi “Peduli Lindungi” hanya akan menggunakan  pencarian  lokasi anda pada saat anda membuka aplikasi ini atau dijalankan untuk dapat memberikan informasi mengenai data  kasus pandemi corona.

Bagi sobat Pelangi.or.id yang ingin bisa menjalankan usaha dalam era kebiaasaan baru ini maka pemerintah telah menetapkan bahwa pelaku usaha harus mengakses aplikasi penting  ini. Hal ini penting karena lewat fitur ini pemerintah akan mudah mengetahui penyebaran virus corona di Indonesia. Namun bila pelaku  usaha yang belum bisa mengakes fitur dapa melakukannya melalui alamat www.pedulilindungi.id/register.

Author

Menulis hal-hal yang bermanfaat. Menyukai topik teknologi dan mencoba berbagai hal baru.