Aplikasi chatting yang paling banyak dipakai saat ini adalah WhatsApp. App chatting yang satu ini bisa dipakai untuk saling berkirim pesan dengan pengguna WhatsApp yang lainnya. Anda juga bisa membuat Grup untuk berkirim pesan dengan banyak pengguna WhatsApp sekaligus.

WhatsApp atau WA juga bisa dipakai untuk melakukan panggilan suara dan panggilan video. Ketiga fitur tersebut dilengkapi dengan fitur notifikasi. Anda bisa menggunakan 3 notifikasi berbeda untuk pesan pribadi, pesan grup, dan panggilan telepon WA.

Contoh notif Korea yang sedang viral saat ini: “nada dering nani ohayo”

Dengarkan atau download untuk menjadikannya sebagai nada dering WhatsApp kamu dalam bahasa Korea atau Jepang lewat audio player dibawah ini:

Membuat Notifikasi Google Korea Kustom untuk WhatsApp

Anda bisa membuat notifikasi WhatsApp kustom dengan suara berlogat Korea yang lucu dan spesial. Misalnya, untuk pesan biasa gunakan notif WA seperti

“[Nama Anda], ada chat masuk, ayo dicek dulu.” Setelah itu, ciptakan notif WA lain untuk grup WA, seperti “[Nama Anda], grup lagi rame, ayo buka grup.”

Contoh format nada dering WA

Jangan lupa ciptakan notif yang lebih panjang untuk panggilan WhatsApp, bisa panggilan suara atau panggilan video. Tapi bagaimana cara membuat notif WA suara Google dengan logat Korea? Sangat mudah untuk menciptakan banyak notif semacam itu, tinggal ikuti saja petunjuk di bawah ini:

Sound Of Text Bahasa Korea
Sound Of Text Bahasa Korea
  • Buka situs web Voice of Text khusus Korea di https://www.voiceoftext.com/p/download-suara-google-korea.html. Gunakan web browser apapun yang Anda inginkan, bisa di smartphone Android langsung atau via web browser di PC.
  • Ketikkan kalimat notifikasi WA yang Anda inginkan di kolom Voice of Text. Karakter yang bisa Anda gunakan dibatasi sampai maksimal 200 karakter saja. Anda bisa menggunakan bahasa Korea atau bahasa Indonesia.
  • Tap atau klik Convert to Voice. Tombol tersebut terletak persis di bagian bawah kolom Voice of Text. Hanya dalam waktu sekejap, akan muncul file audio berformat mp3 di bagian bawah tombol convert, lengkap dengan tombol download biru di sampingnya.
  • Tap atau klik tombol Download biru dengan ikon panah mengarah ke bawah tersebut. Halaman baru akan terbuka, berisi sebuah pemutar file audio dengan tombol play, volume, dan tombol menu untuk versi web di smartphone.
  • Tap menu lalu pilih menu Download untuk menyimpan file audio tersebut ke penyimpanan smartphone, atau klik kanan di bar pemutar audio di web PC kemudian pilih menu Simpan audio dengan nama. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan file audio tersebut.

Kalau Anda langsung menyimpan file tersebut di penyimpanan smartphone, Anda bisa langsung melanjutkan ke cara mengatur notifikasi tersebut di aplikasi WhatsApp. Tapi kalau Anda menggunakan web di PC dan menyimpan file audio di penyimpanan PC, pindahkan dulu file ke smartphone Anda.

Gunakan kabel data, WhatsApp Web, Bluetooth, atau alat lain untuk memindahkan file audio tersebut dari PC ke smartphone. Setelah semua file audio notifikasi MP3 tersimpan di penyimpanan smartphone, Anda bisa memakai file tersebut sebagai notifikasi pesan, grup, atau panggilan WhatsApp.

Lihat pula: Tutorial Sound of Text

Mengatur Notifikasi Google Korea di Aplikasi WhatsApp

Cara mengganti notifikasi WhatsApp di perangkat Android sangat mudah. Anda tidak perlu repot mengubah format ekstensinya, karena file dengan format MP3 bisa langsung digunakan sebagai notifikasi pesan, grup, dan panggilan.

Cara mengubah notifikasi pesan, grup, dan panggilan WhatsApp sebenarnya sama persis. Berikut beberapa langkah paling mudah untuk mengubah notifikasi WhatsApp dengan suara Google berlogat Korea yang tadi sudah Anda ciptakan dan siapkan:

  • Jalankan aplikasi WhatsApp di perangkat Android yang ingin Anda ganti atau ubah suara notifikasinya.
  • Tap Menu yang dilambangkan dengan ikon 3 titik. Posisi Menu ada di kanan atas jendela WhatsApp. Tap menu Settings yang ada di bagian paling bawah.
  • Akan muncul beberapa pilihan pengaturan. Tap pengaturan Notifications untuk mengubah semua notifikasi pesan WA, grup WA, dan panggilan WA.
  • Untuk mengganti notif pesan, tap Notification Tones di bawah menu Messages
  • Pilih File Manager untuk melihat semua pilihan MP3 yang tersedia, lalu pilih notif Korea yang sudah Anda siapkan untuk pesan WA. 
  • Terakhir tap OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Untuk mengganti notifikasi grup, ikuti langkah yang sama tapi pilih Notification Tones yang ada di bawah menu Group. Nah, untuk mengubah nada dering, pilih Notification Tones yang posisinya di bawah menu Calls.

Setelah semua notifikasi berhasil diubah, aplikasi WhatsApp Anda akan berubah menjadi lebih unik. Setiap ada pesan masuk, pesan grup, atau panggilan WhatsApp, akan ada notifikasi unik yang memanggil nama Anda.

Author

Menulis hal-hal yang bermanfaat. Menyukai topik teknologi dan mencoba berbagai hal baru.