Salah satu indikasi menurunnya kesehatan rambut dan kulit kepala adalah ditandai dengan kemunculan ketombe. Oleh sebab itu masalah ketombe tidak boleh diremehkan begitu saja. Pastikan Anda yang mengalami masalah ketombe harus segera mengatasinya sesegera mungkin. 


Selain menjadi indikasi menurunnya kesehatan rambut dan kulit kepala, kemunculan ketombe juga akan mengurangi kecantikan dan keindahan rambut Anda. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya? Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda!

Tips Agar Ketombe Berkurang

Gunakan produk shampoo anti ketombe secara tepat

Untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala Anda, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk shampoo anti ketombe yang cocok untuk Anda. Biasanya produk shampoo anti ketombe memiliki label anti dandruff atau anti ketombe pada kemasannya. 

Keramas dengan cara yang benar

Selain menggunakan shampoo yang tepat, pastikan Anda keramas dengan benar. Sebelum menggunakan shampoo anti ketombe yang sudah Anda beli, pastikan Anda juga sudah membaca label kemasannya baik – baik. 


Baca petunjuk penggunaan dengan hati – hati karena pada masing – masing produk anti ketombe terdapat petunjuk atau instruksi pemakaian yang berbeda. Ada jenis shampoo yang harus dioleskan di kulit kepala terlebih dahulu dan didiamkan kurang lebih 2 – 3 menit, dan ada yang bisa dibubuhkan langsung di kulit kepala. 

pijat rambut secara lunak saat keramas
pijat rambut secara lunak saat keramas

Mengikuti petunjuk cara keramas dengan benar dan menggunakan produk anti ketombe secara tepat, besar kemungkinan masalah ketombe Anda akan berkurang. 

Pijat rambut ketika keramas

Sirkulasi darah yang tidak lancar pada kulit kepala juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan rambut terjadi pada Anda. Oleh sebab itu ketika sedang keramas, pastikan pijat rambut sebagai langkah penetrasi di kulit kepala. 


Pijatan yang dilakukan di kepala dapat melancarkan sistem peredaran darah sehingga distribusi nutrisi sampai ke ujung rambut. Hindari membersihkan sisa shampoo dengan menggosok secara keras karena hal ini dapat memperparah ketombe Anda. 

Pastikan setelah keramas, bilas shampoo hingga bersih

Jika setelah menggunakan produk anti ketombe masalah ketombe Anda belum juga hilang, jangan langsung terburu – buru menyalahkan shampoonya. Mungkin saja cara keramas Anda yang belum benar. 


Anda harus tahu bahwa shampoo yang tertinggal di kulit kepala dapat menjadi penyebab ketombe tidak teratasi. Oleh sebab itu hentikan kebiasaan mandi bebek atau keramas dengan tidak membilasnya secara bersih. 


Pastikan setelah keramas, Anda membilas shampoo sampai benar – benar bersih. Keramaslah dengan menggunakan air dingin. Hindari menggunakan air hangat karena keramas dengan air hangat dapat menyebabkan kulit kepala kering dan ketombe semakin parah. 

Atasi kulit kepala dengan ramuan cuka apel

Tips agar ketombe berkurang dan teratasi yang terakhir adalah menggunakan ramuan cuka apel. Cuka apel merupakan bahan alami yang mengandung tingkat keasaman tinggi sehingga dapat membantu menekan populasi jamur yang hidup di kulit kepala. Perawatan ini cocok untuk ketombe basah karena dapat mencegah tumbuhnya bakteri di kulit kepala. 


Cara membuat ramuan cuka apel juga cukup mudah. Caranya yaitu dengan mencampurkan ¼ cangkir cuka apel dan ¼ cangkir air mineral ke dalam botol. Manfaatkan botol spray besar supaya lebih mudah untuk Anda mengaplikasikannya. 


Setelah Anda kocok, semprotkan ramuan tersebut di kulit kepala sampai merata dan tutup dengan handuk. Diamkan kurang lebih selama 20 sampai 30 menit dan setelah itu keramaslah seperti biasa. Perawatan dengan menggunakan cuka apel ini bisa Anda lakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu. 


Itulah beberapa tips agar ketombe berkurang yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga kulit kepala Anda kembali sehat tanpa ketombe setelah menerapkan tips di atas.

Author

Menulis hal-hal yang bermanfaat. Menyukai topik teknologi dan mencoba berbagai hal baru.