pelangi.or.id – Didalam berbisnis, brand awareness merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar pada image dan keberlangsungan bisnis. Masalahnya, jika usaha Kamu merupakan bisnis baru dengan merek dan product yang belum banyak dikenal, maka Kamu wajib membangun pondasi brand awareness sehingga product bisa terkenal. Sebetulnya, apa saja yang sanggup Kamu melakukan untuk tingkatkan brand awareness? Simak tipsnya di bawah ini!
Apa itu Brand Awareness? Berikut 4 Manfaat dan 5 Tips Bisnis untuk Membangun Brand Awareness
Sebelum beranjak pada pembahasan perihal 5 tips usaha untuk membangun brand awareness, ada baiknya jika Kamu tahu pengertian dan faedah brand awareness itu sendiri.
Pencerahan merek atau brand awareness adalah nama untuk kemampuan para konsumen maupun calon konsumen untuk mengenali sebuah brand berasal dari product atau jasa.
Manfaat Membangun Brand Awareness
Mengapa Kamu kudu membangun brand awareness? Layaknya yang udah disinggung sebelumnya, brand awareness akan terlalu berfaedah untuk kemajuan usaha Kamu. Tak sekedar bisa menaikkan pencerahan rakyat akan merek usaha Kamu, dampak lainnya berasal dari taktik brand awareness yang berhasil antara lain:
-
Menarik konsumen baru
-
Meningkatkan performa penjualan, baik itu sales volume maupun sales quantity
-
Menciptakan trustworthy pada calon pelanggan
-
Meningkatkan nilai ekuitas merek bisnis
Tips Membangun dan Menaikkan Brand Awareness
Sehabis aware tentang apa itu brand awareness sekaligus manfaatnya, barulah kami beranjak ke “Menu primer” artikel kali ini, yakni tips dan cara membangun brand awareness!
Buatlah Nama dan Logo yang Menarik
Pertolongan sebutan yang unik akan memicu merek usaha Kamu menjadi ringan diingat oleh pelanggan. Demikian pula dengan logo brand yang eye-catchy. Maka, sebaiknya pilihlah sebutan merek yang cenderung gampang diingat, ringan disebutkan, sekaligus didukung logo yang “Menyuarakan” merek usaha Kamu. Karena, keduanya adalah satu kesatuan yang membentuk “Bukti diri” dan gambaran suatu usaha.
Jika masih merasa tidak cukup, Kamu juga bisa beri tambahan tagline untuk beri tambahan citra yang lebih paham berkaitan merek dan product yang dijual. Lebih-lebih, brand besar layaknya Nike saja punyai tagline-nya tersendiri: “Just Do it!”
Memaksimalkan Digital Marketing di Media Sosial
Di masa yang serba digital ini, memaksimalkan penerapan digital marketing di dalam media sosial usaha sangatlah vital. Hal ini disebabkan oleh aktifnya kaum milenial dan generasi Z di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan sebagian aplikasi media sosial sekaligus untuk memaksimalkan jumlah audience reach, mulai berasal dari Instagram, Twitter, Tiktok sampai sistem yang lebih profesional layaknya Linkedin.
Manfaatkan Fitur Ads dan Promote yang Ditawarkan
Jika Kamu mempunyai akun media sosial untuk usaha, tak ada salahnya untuk menjajal fitur-fitur ads yang ada di aplikasi untuk menambah brand awareness usaha Kamu. Lewat fitur iklan berbayar, Kamu bisa mempromosikan product atau postingan akun usaha supaya sanggup menjangkau lebih banyak audiens.
Tapi, jangan lupa juga untuk selalu memantau performa dan engagement yang didapatkan berasal dari fitur ads, ya!
Bekerja Sama dengan KOL
Terkecuali wajib dan amat mungkin, sebisa bisa saja berkolaborasi lah dengan para KOL di media sosial. Dilansir berasal dari qiscus.com, Key Opinion Leader atau KOL adalah seseorang yang mampu beri tambahan dampak pada orang lain untuk membeli product yang ditawarkan dan menyukseskan taktik pemasaran yang diterapkan oleh sebuah corporate.
Sebab mempunyai efek yang besar, KOL punyai jumlah followers yang banyak, berasal dari puluhan ribu sampai jutaan. Contoh KOL adalah seniman, selebgram, youtuber, dan orang-orang yang terkenal pakar pada sebuah bidang tertentu. Kamu mampu membeli jasa endorse atau paid promote berasal dari para Kols sehingga netizen bisa tahu bukti diri brand dan juga product-product yang Kamu tawarkan.
Optimasi Website Toko Online
Sementara ingin melacak mengerti lebih detail terkait spesifikasi sebuah product, kami tentu akan “Menyelami” Google terlebih dahulu, bukan? Nah, pelanggan Kamu juga demikian. Itulah pentingnya jalankan optimasi pada situs toko online milik Kamu (Jika ada).
Optimasi pada situs toko online bisa jadi jalan ninja untuk tingkatkan brand awareness dan engagement usaha Kamu. Kamu bisa mulai dengan mempelajari sendiri dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization) atau bisa juga mempekerjakan seorang SEO Specialist atau SEO Writer sehingga web site usaha Kamu bisa menjangkau lebih banyak audiens.
Itulah tadi pembahasan terkait pengertian, fungsi, dan juga 5 tips usaha untuk menambah brand awareness. Harapannya, dengan penerapan kelima tips di atas, Kamu bisa menaikkan engagement sekaligus trustworthy calon pelanggan Kamu.
Baca Juga :
- Rekomendasi Bisnis Rumahan yang Mudah Cuan di Tahun 2023
- Melihat Peluang Usaha di Tahun 2023 yang Menjanjikan
- Rekomendasi Usaha Ini Akan Tetap Maju di Tahun 2023
- Cara Menghitung Jumlah Pajak Penghasilan Pribadi ( Cek Disini )
- Bagaimana Cara Evaluasi Usaha di Akhir Tahun
- Dampak Piala Dunia terhadap Sektor Perekonomian dan Bisnis
- Contoh 5 jenis Promosi Bisnis Akhir Tahun
- Beberapa Hal yang Dipertimbangkan Investor dalam Berinvestasi