Breaking News

Tips Menghemat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis

Pelangi.or.id – Tips Mudah Menghemat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Habis. Salah satu kelebihan PC dibandingkan komputer adalah PC lebih praktis saat digunakan. PC yang dapat kita gunakan dapat digunakan di mana saja ketika lingkungan kita tidak memiliki sumber daya sekalipun.

Hal ini karena PC memiliki baterai yang mampu mengatur sumber daya yang memungkinkan kita untuk menggunakan PC tanpa harus terhubung ke jaringan listrik.

Saat membeli PC terlebih dahulu, catu daya yang disimpan dalam baterai sekarang akan menjadi yang terakhir. Pengguna dapat menggunakan PC untuk saat ini tanpa harus terhubung ke jaringan listrik.

Namun sayangnya itu hanya akan terwujud pada PC yang baru dibeli. Ketika PC sudah tua, kapasitas baterai untuk menyimpan sumber daya akan berkurang.

Baca Juga: Viral Seorang Wanita Menghina Islam Dosa Besar Saat Mempermalukan Diri Sendiri

Kita bisa menang dalam kenyataan bahwa baterai PC mampu bertahan lama atau mudah habis meskipun baterai sudah tua. Selain faktor daya tahan baterai karena ordinary, dan juga karena kesalahan pengguna. Pengguna telah mengambil langkah yang salah sehingga sumber daya yang disimpan dalam baterai cepat habis. Jika itu adalah kesalahan pengguna, maka mungkin juga baterai PC yang baru dibeli akan terbuang sia dan akan segera habis.

Jadi, saya di sini untuk berbagi cara menghemat baterai PC agar tidak cepat habis. Karena ketidaknyamanan pengguna, baterai PC turun dengan mudah dan tidak dapat bertahan lama meskipun terisi penuh hingga 100 percent.

Berikut 6 trik yang bisa menghemat baterai PC agar tidak langsung habis

Tidak banyak, hanya 6 gerakan yang dapat memicu catu daya baterai PC anda. Lakukan hal berikut agar baterai PC anda bisa bertahan lama.

  1. Tutup aplikasi startup yang tidak perlu

Seperti yang saya bahas di artikel Cara Mempercepat kinerja komputer, pada PC Anda juga harus menutup semua aplikasi startup yang tidak perlu. Selain dapat mempercepat kinerja PC, terutama saat memulai, aplikasi yang tidak perlu saat startup dapat menghemat sumber daya baterai dengan mode closure. Aplikasi ini akan berjalan aktif setelah tampilan tanpa anda sadari. Umumnya aplikasi ini akan membutuhkan kinerja CPU/prosesor dalam jumlah yang tidak sedikit.

Untuk menutup aplikasi Startup, silahkan buka run from start > run atau Windows dengan menekan + R pada console. Kemudian ketika Anda memasukkan/di kotak run dan OK. Pilih tab Startup dan kekacauan daftar pada setiap aplikasi yang Anda mempertimbangkan sesuatu. Restart PC dan Anda akan merasakan efek menonaktifkan Aktivitas saat peluncuran aplikasi ini.

  1. Opsi daya ditetapkan

Fitur opsi daya memiliki pengaturan yang khusus untuk penggunaan sumber daya. Bahkan fitur power choices ini tidak hanya ditemukan di PC, di komputer kita juga bisa menemukan power choices. Untuk melihat Pengaturan Opsi Daya, buka Panel Kontrol > Opsi Daya. Anda akan mendapatkan 3 pengaturan Power Options, yaitu :

Balance = Pengaturan ini akan memberikan keseimbangan antara tampilan PC atau komputer dengan power supply atau jika PC dengan baterai;
Power defender = adalah pengaturan untuk menghemat daya baterai maksimum. Dengan memilih pengaturan penghemat daya, itu akan mengurangi penggunaan PC yang tidak perlu;
Seperti yang ditunjukkan oleh nama high performance=, pengaturan ini akan memprioritaskan kinerja PC atau komputer. Pengaturan ini akan terus mendukung kinerja prosesor agar bekerja ideal.

Mana yang menurut Anda lebih cocok sehingga penggunaan sumber daya pada baterai lebih efisien? Ya, tentu saja, pengaturan pelindung daya lebih tepat. Karena itu, agar baterai PC tidak cepat habis, pilih Pengaturan power defender.

  1. Hentikan semua alat yang tidak perlu

Perangkat keras (equipment) yang terhubung ke PC akan membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Misalnya, PC seperti CD/DVD yang Anda lupa untuk menghapus ruang sehingga akan terus bekerja. Contoh lain adalah seperti Drive ringan dan hard drive eksternal, serta perangkat ini yang Anda lepaskan jika tidak digunakan.

  1. Mengatur kecerahan dan kontras layar

Kecerahan dan kontras adalah pengaturan cahaya layar PC anda. Kedua pengaturan cahaya ini adalah pengaturan withering masif yang akan menghabiskan sumber daya listrik baterai Anda. Layar Anda akan kehabisan daya baterai Kicau. Jadi, sesuaikan saja pengaturan kecerahan dan kontras agar tidak terlalu terang. Bahkan jika Anda mengatur kecerahan dan kontras terlalu terang, itu akan memperburuk penglihatan Anda.

  1. Layanan yang tidak perlu ditinggalkan

Seperti aplikasi apa play on words yang terdapat saat startup, layanan ini juga akan menghabiskan sebagian besar sumber daya baterai. Harap Matikan Layanan yang menurut Anda tidak penting untuk ini hanya untuk aktif. Buka halaman Layanan, Panel kontrol > sistem dan keamanan > Alat administratif.

Atau ketik layanan yang Anda inginkan dan masukkan bidang pencarian Mulai Langkah Cepat. Sekarang Harap Matikan semua layanan yang menurut Anda tidak perlu. Untuk menghentikan layanan yang tidak perlu, cukup klik tombol stop pada layanan yang dipilih.

  1. Mengubah kebiasaan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan

Jangan berlebihan PC Anda dengan kebiasaan membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Anda hanya perlu tahu bahwa aplikasi yang aktif akan membutuhkan kinerja prosesor dan mengkonsumsi sumber daya baterai. Apalagi jika Anda membuka 10 aplikasi secara bersamaan. Setelah layar banyak aplikasi terus diaktifkan, seperti infection. Jika bersama-sama dengan aktivitas pengguna membuka beberapa aplikasi secara bersamaan disebutkan. Coba nonaktifkan aplikasi yang menurut Anda tidak sedang Anda gunakan. Juga tidak mungkin kita dapat mengoperasikan lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu, misalnya Photoshop dengan expression of office, tentu saja kita lakukan satu per satu.

About jupendie juve

Check Also

Mutiara Annisa Baswedan Resmi Telah Menikah dengan Ali Saleh Alhuraiby

Pelangi.or.id – Mutiara Annisa Baswedan adalah anak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sudah formal menikah dengan seorang pria tampan bernama Ali Saleh Alhuraiby. Pernikahan Ali Saleh Alhuraiby dengan Mutiara Annisa Baswedan terjadi pada Jumat (29/7/2022) kemarin. &Nbsp;Pernikahan Anak Anies Baswedan itu di gelar secara sakral dan khidmat di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara. [...]